• SMP BABUSSALAM PEKANBARU
  • Beriman, Berilmu, Beramal dan Berakhlak Mulia

Profil SMP Babussalam Pekanbaru

SMP Babussalam didirikan pada tahun 1985. Badan Akreditasi Nasional Provinsi Riau pada tahun 1996 mengakreditasi Sekolah ini dari TERDAFTAR menjadi DISAMAKAN. Di tahun 2002 statusnya tergolong Sekolah Potensial sesuai SK Mendiknas RI No. 287/C/KEP/PM/2003 dan pada tahun 2005  Badan Akreditasi Nasional Provinsi Riau telah melakukan akreditasi terhadap SMP Babussalam dengan hasil Predikat A (Amat Baik). Kembali di tahun 2011 Badan Akreditasi Nasional Provinsi Riau melakukan Akreditasi terhadap SMP Babusslam dengan memperoleh hasil Predikat "Akeditasi A (nilai 98,78)". Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor : 747/BAN-SM/SK/2019, menyatakan SMP Babussalam Pekanbaru mendapat Akreditasi A (UNGGUL).

Pola pendidikan yang berintegrasi antara kurikulum umum (Diknas) dengan kurikulum Agama (Pondok Pesantren). System pendidikan asrama (Boarding School System) kurikulum yang diterapkan terintegrasi antara kurikulum kemendikbud yang menyajinan mata pelajaran: Pendidikan Agama, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA(Biologi, Fisika), IPS, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Penjaskes, dan Prakarya dengan Kurikulum Pondok yang mencakup materi: AlQur’an, Hadits Nabawi, Tauhid, Akhlak Tasawuf, Fiqih, Shiroh Nabawiyah/SKI, Nahwu, Shorof, Praktik Ibadah dan Bahasa Arab yang menekankan kepada hafalan/tahfidz AlQur’an.

SMP Babussalam terus menerus meningkatkan prestasinya dan terus mengalami perkembangan sebagai berikut :

  1. Tahun 1985-1995 : Sebagai Sekolah Rintisan
  2. Tahun 1996-2002 : Sebagai Sekolah Potensial
  3. Tahun 2003 : Sebagai Sekolah Koalisi Nasional
  4. Tahun 2004 : Sebagai Sekolah Koalisi Regional dan Nasional Bilingual serta Standar Nasional
  5. Tahun 2007 : Sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)

Kerjasama Luar Negeri antara lain : Study Comparative ke Sekolah dan Petrosains di Malaysia serta Science Centre Singapore.

Kerjasama Dalam Negeri antara lain :  Kerjasama dengan TNI AD Kesatuan 132 Bima Sakti Salo dan TNI-AU Kesatuan PASKHAS kegiatan Latihan Ketahanan Santri (LATANSA)

Halaman Lainnya
Visi dan Misi SMP Babussalam

VISI MENJADIKAN SMP BABUSSALAM YANG BERSTANDAR NASIONAL, BERWAWASAN INTERNASIONAL BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA MISI MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI ISLAM DAN BUDAYA MELAYU SEBAGAI TERAS PE

24/06/2021 10:18 - Oleh smp babussalam - Dilihat 592 kali